Muntok (antarababel.com) - Bupati Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Zuhri M Syazali mengatakan tanaman karet cocok dikembangkan di daerah itu dan memiliki nilai ekonomis tinggi sebagai pengganti pertambangan.

"Kami akan terus memberikan perhatian dalam sektor perkebunan, bahkan mulai tahun depan akan kami salurkan bantuan bibit karet berkualitas sebagai motivasi masyarakat menggeluti sektor perkebunan," ujar Bupati Zuhri di Muntok, Minggu.

Ia mengatakan, sektor perkebunan merupakan andalan masyarakat setempat beberapa tahun lalu, namun begitu pertambangan timah berkembang di daerah itu, perkebunan ditinggalkan.

Seiring menipisnya kandungan mineral, kata dia, masyarakat harus bersiap membangkitkan ekonomi alternatif baru, salah satunya sektor perkebunan, seperti karet, sawit, lada, cengkih, kakao dan perkebunan pangan lainnya.

"Tanaman karet memilik prospek bagus dan tanaman ini cukup familier bagi masyarakat setempat, mulai tahun depan kami akan kembali memberikan bantuan bibit seperti beberapa tahun lalu seiring meningkatnya permintaan masyarakat, kami harapkan ke depan karet menjadi sektor ekonomi andalan masyarakat," kata dia.

Menurut dia, karet merupakan salah satu tanaman perkebunan yang tidak rewel dalam perawatan dan memiliki nilai ekonomi tinggi serta tahan dalam jangka waktu puluhan tahun.

"Bantuan bibit karet yang akan kami salurkan diharapkan bisa memperluas perkebunan karet di daerah dan meningkatkan produktivitas masyarakat sehingga upaya mewujudkan Bangka Barat yang mandiri dan sejahtera cepat terealisasi," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014