Personel Satuan Polisi Perairan Polres Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengeratkan hubungan dan komunikasi dengan nelayan lokal untuk bersama-sama menjaga keamanan laut di wilayah itu.

"Sinergisitas antara personel dengan nelayan lokal perlu terus ditingkatkan untuk memudahkan polisi dalam menjalankan tugas sehari-hari menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah perairan," kata Kepala Satpolair Polres Bangka Barat Iptu Ferry Gunadi di Mentok, Sabtu.

Pendekatan dengan melakukan tatap muka antara personel Sapolair bersama warga nelayan merupakan salah satu pola efektif agar para nelayan proaktif memberikan berbagai informasi di wilayah laut.

Wilayah laut di daerah kepulauan itu cukup luas dan keterbatasan jumlah personel yang dimiliki Satploir menjadi salah satu kendala yang harus diselesaikan bersama agar wilayah perairan tetap terjaga kondusif.

"Pemberdayaan warga yang biasa beraktivitas di laut cukup efektif, mereka selama ini selalu proaktif dalam memberikan berbagai perkembangan situasi keamanan di tempat kerjanya," ujarnya.

Selain pola pemberdayaan warga nelayan, pihaknya secara rutin menggelar patroli di beberapa lokasi yang dianggap rawan guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada nelayan yang sedang beraktivitas.

Pelabuhan ikan, pelabuhan penyeberangan feri dan beberapa pelabuhan kecil yang ada di daerah itu menjadi salah satu lokasi yang menjadi perhatian personel untuk meminimalkan potensi masuknya barang ilegal dari daerah lain.

Selain antisipasi penyelundupan barang ilegal, pemantauan pelabuhan juga upaya meminimalkan terjadinya tindak kriminal dan peredaran narkoba.

"Dalam setiap kegiatan sambang warga nelayan, para personel juga selalu mengingatkan agar para nelayan selalu mengutamakan keselamatan saat melaut," ujarnya.

Saat melaut, para nelayan diimbau agar selalu menggunakan perlengkapan keselamatan sesuai standar, melengkapi alat komunikasi dan memperhatikan prakiraan cuaca.

Melalui pola pendekatan dan pemberdayaan masyarakat tersebut diharapkan perairan di daerah itu selalu kondusif sehingga warga nelayan bisa beraktivitas dengan aman, tertib dan nyaman.

"Sampai saat ini kaki belum temukan permasalahan di wilayah perairan, pesisir dan laut di sekitar Mentok cukup aman," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019