BKKBN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar bakti sosial PKK-KB Kesehatan tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) 2019, dengan tema "Kita Gerakan Keluarga dan Masyarakat Hidup Sehat Menuju Indonesia Sejahtera".

"Sebagaimana kita ketahui gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dengan 10 Program Pokok bertujuan untuk memberdayakan keluarga dalam mencapai kesejahteraan keluarga," kata Kepala BKKBN, diwakili Direktur Bina Kesehatan KB jalur Pemerintah, Qomari, di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Babel yang telah memberikan dukungan terhadap Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Kekeluargaan di Provinsi Kepulauan Babel.

Program tersebut diantaranya, Pembentukan Kampung KB di seluruh Kabupaten dan Kota serta Program Kegiatan Pencanangan Bhakti Sosial PPK KB Kesehatan Tingkat Provinsi Babel ini.

"Pembentukan Kampung KB ini untuk meningkatan sinergitas bagi semua intansi dan lintas sektor terkait yang memiliki peran dalam pembangunan keluarga," ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan diharapkan dapat meningkatkan peran serta pria dalam rangka keadilan dan kesetaraan gender di masyarakat.

"Kita juga lebih memfokuskan pada kegiatan-kegiatan yang secara langsung dapat meringankan beban keluarga mereka dalam mendapatkan pelayanan KB dan Kesehatan, sesuai prioritas masalah yang ada dengan memperhatikan potensi dan keanekaragaman daerah," ujarnya.

Sementara, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Setda Babel, Syahruddin dalam sambutannya mengatakan, melalui bhaksos PKK KB Kesehatan ini, diharapkan target-target yang sudah ditetapkan sejak awal tahun anggaran bisa tercapai dengan baik terhadap target program KKBPK, program kesehatan, maupun target-target dari PKK itu sendiri.

PKK sebagai salah satu organisasi sosial dan kemasyarakatan  yang mempunyai 10 Program pokok PKK harus dijalankan, untuk memberdayakan keluarga dalam mencapai kesehateraan keluarga.

Khususnya program ke 7, 9 dan 10 yaitu kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan kesehatan telah dilakukan secara nyata dan mendapat pengakuan yang luas.

"Posyandu sebagai wadah kegiatan masyarakat di pedesaan dan perkotaan, dibentuk dari, oleh dan untuk masyarakat dalam melakukan layanan sosial," ujarnya.

Sementara itu, Ketua PKK Provinsi Babel, Melati Erzaldi Rosman menjelaskan, tujuan umum kegiatan ini adalah untuk meningkatkan cakupan pelayanan yang merata, kemudian dalam upaya kesehatan lingkungan di rumah dan permukiman yang bersih dan sehat, serta berkualitas dalam program PKK.

"Sedangkan tujuan khususnya salah satunya yaitu meningkatkan kualitas dan jangkauan pelayanan kesehatan dan program KKBPK," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019