Warga Desa Belolaut, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membutuhkan pembangunan pasar desa guna memacu peningkatan penjualan berbagai komoditas warga wilayah pesisir tersebut.

"Kami merencanakan pembangunan pasar desa bisa dilaksanakan pada tahun depan dengan melibatkan pemerintah daerah dan dukungan penuh dari masyarakat," kata Kepala Desa Baelolaut, Ibnu, di Mentok, Sabtu.

Menurut dia, keberadaan pasar desa akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah itu karena akan bisa dimanfaatkan warga yang berada di sekitarnya.

Selain menggerakkan perekonomian warga sekitar lokasi pasar, keberadaan pasar desa juga akan memendekkan jalur distribusi barang dari petani dan nelayan kepada konsumen.

"Kami yakin akan bermanfaat untuk para pelaku UMKM, petani dan nelayan Belolaut karena nantinya seluruh pemasaran produk desa akan terpusat di datu lokasi," katanya.

Desa Belolaut yang terletak di wilayah pesisir selama ini terkenal sebagai penghasil berbagai hasil tangkapan nelayan, seperti udang, ikan, kepiting, dan kerang.

Selain banyak yang bekerja sebagai nelayan, warga desa tersebut juga banyak yang menjadi petani dan pekebun yang biasa menjual hasilnya ke Pasar Mentok.

"Kami berharap keberadaan pasar desa akan mampu menarik pembeli dari desa dan daerah lain sekaligus keberadaan pasar tersebut akan mampu menjadi penghubung warga ke lokasi wisata andalan yang ada di Desa Belolaut," katanya.

Lokasi pasar desa rencananya di sekitar simpang RSUD Sejiran Setason. Lokasi itu cukup dekat jaraknya dengan pesisir Pantai Belolaut yang memiliki keindahan hutan mangrove nan asri.

"Lokasi pasar dengan objek wisata alam tersebut cukup dekat sehingga banyak potensi yang nantinya dapat dikembangkan dan dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan warga Desa Belolaut," katanya.

Ia berharap, rencana tersebut mendapatkan dukungan masyarakat dan pemerintah daerah agar bisa cepat direalisasikan.

"Butuh proses yang cukup berat untuk merealisasikan keinginan tersebut, namun kami tetap optimistis mendapatkan dukungan dari seluruh pihak karena keberadaan pasar desa tersebut akan sangat bermanfaat untuk peningkatan perekonomian masyarakat," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019