Sungailiat (Antara Babel) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi meminta Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bangka, Feri Insani bekerja optimal membantu pimpinan daerah dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan.

"Seorang yang menjabat posisi sekda harus mampu bekerja dengan baik serta membantu pelaksanaan misi dan visi kepala daerah," kata dia usai melantik Feri Insani di Sungaliat, Rabu.

Dia mengatakan, seorang sekda sesuai tugas dan fungsinya harus mampu menjadi regulator antarintansi di pemerintahan serta menguasai penyusunan anggaran sesuai kebutuhan daerah.

"Sekda harus mampu mengoordinir intansi sehingga semua lembaga pemerintahan di daerah dapat berjalan dengan baik dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata gubernur.

Hal terpenting dalam menjalankan tugasnya, menurut dia adalah adanya keselarasan antara kepala daerah dan sekda.

"Jangan sampai terjadi ketindakseimbangan antara kebijakan bupati dengan pelaksanaannya di tingkat sekretariat daerah," kata gubernur.

Dalam masalah kepegawaian pun sekda diharapkan dapat berkoordinasi dengan intansi terkait terutama dalam menempatkan pegawai, sehingga pegawai yang ditempattugaskan sesuai dengan kemampuan dan pendidikan.

Gubernur mengatakan, Pemerintah Provinsi Bangka Belitung selama ini berjalan dengan baik dalam membangun kerja sama dengan pemerintah kabupaten dan kota.

"Saya anggap cukup baik hubungan antara pemerintah provinsi Bangka Belitung dengan semua pemerintah kabupaten dan kota, demikian juga sebaliknya antara kabupaten dengan kabupaten lainnya juga cukup harmonis," katanya.

Pewarta: Oleh Kasmono

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014