General Manager PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung (PLN Babel) menerima piagam penghargaan sinergi literasi lingkungan dari Gubernur Babel, Erzaldi Rosman.

General Manager PLN Babel, Abdul Mukhlis, Kamis di Pangkalpinang, mengatakan penghargaan tersebut diberikan atas kontribusi PLN dalam upaya pengembangan energi listrik dari sampah sebagai bahan bakar PLTBg gasifier sampah. 

"Kami berterima kasih kepada Bapak Gubernur atas apresiasi yang diberikan kepada kami ini, berkomitmen membantu pemerintah daerah untuk mewujudkan lingkungan yang lebih green," katanya.

Sementara itu, Gubernur mengapresiasi dan memberikan dukungan atas langkah yang dilakukan PLN dalam mewujudkan lingkungan yang bersih. 

"Kami mendukung dan mengapresiasi langkah PLN atas inisiasi yang dilakukannya dalam mewujudkan lingkungan yang green dengan mengolah sampah menjadi bahan bakar pembangkit," ujar Erzaldi. 

Bersama dengan dinas lingkungan hidup provinsi Babel, PLN mengembangkan energi listrik dari sampah sebagai bahan bakar PLTBg gasifier sampah ini dengan memberdayakan tiga kelompok swadaya masyarakat (KSM) pengelola sampah antara lain KSM Kawa Begawe, Rumah Aspirasi dan Sri Menanti. 

Melalui program CSR PLN Peduli, kelompok swadaya tersebut diberi pelatihan dan peralatan pendukung untuk melakukan pengolahan sampah sebagai bahan bakar PLTBg gasifier sampah. 

Program ini memberikan multiplier efek, bagi pemerintah daerah dapat membantu mengurangi timbunan sampah, bagi kelompok swadaya masyarakat sendiri, program ini memberi nilai tambah baik secara finansial maupun keterampilan. Selain itu, program ini memberikan manfaat bagi masyarakat secara umum sehingga lingkungan di Babel menjadi lebih bersih.

Pewarta: Try Mustikahardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019