Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengetatkan pengawasan di pelabuhan untuk mencegah keluar masuk satwa yang dilindungi.

"Pencegahan kami lakukan dengan melakukan pemeriksaan ketat terhadap barang bawaan penumpang di Pelabuhan Tanjungkalian dan sejumlah pelabuhan kecil di wilayah hukum Polres Bangka Barat," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Muhammad Adenan di Mentok, Minggu.

Menurut dia, Pelabuhan Tanjungkalian Mentok merupakan pintu utama penyeberangan kapal cepat dan kapal feri yang menghubungkan Pulau Bangka dengan Pulau Sumatera.

"Lokasi itu cukup rawan terjadinya aksi penyelundupan berbagai jenis hewan langka dan dilindungi serta barang ilegal lainnya sehingga membutuhkan pengawasan ketat," katanya.

Pola pengawasan dilakukan personel dengan melakukan pemeriksaan seluruh paket pengiriman, barang bawaan para penumpang kapal cepat dan feri serta barang muatan kendaraan yang melintas.

Pemeriksaan dilakukan secara rutin oleh personel Satpolair dan Polsek Mentok guna pencegahan, kami berharap pola ini bisa memberi rasa aman dan nyaman.

"Pada kegiatan yang digelar kemarin, personel menemukan sejumlah ikan hias yang tidak memiliki izin dari karantina dan ditindaklanjuti dengan penyerahan barang bukti ke petugas karantina yang ada di Mentok," katanya.

Pemeriksaan rutin berkala tersebut dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan meningkatkan keamanan guna mencegah terjadinya tindak pidana berupa penyelundupan narkoba atau keluar masuknya hewan-hewan yang dilindungi.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019