Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman memberi hadiah laptop untuk 7 wisuda-wisudawati STKIP Babel yang telah membayar biaya kuliahnya sendiri tanpa bantuan orang tua.

"Siapa yang kuliah tanpa biaya atau tanpa bantuan dari orang tua silakan maju kedepan, Saya akan berikan laptop," kata Erzaldi Rosman, di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan, hal tersebut dilakukan sebagai apresiasi dan wujud kepeduliannya terhadap generasi muda Bangka Belitung yang berusaha untuk mandiri dengan membayar sendiri biaya kuliah.

Dari 168 wisudawan/wisudawati, hanya ada 7 orang yang berani maju dan naik ke podium kehormatan dan menyatakan bahwa biaya kuliahnya tanpa bantuan dari orang tua.

Beberapa dari 7 wisudawan itu, menyebutkan bahwa biaya kuliah mereka didapatkan dari hasil melimbang (menambang), jualan online, dan guru.

Selesai memberikan hadiah laptop, Gubernur juga langsung menyampaikan 9 pesan kepada wisudawan/wisudawati STKIP,  yakni, dalam menjalani dan mendidik Anak - anak nantinya, jangan pernah memanjakan anak.

Selain itu, ajarkan Anak - anak berprasangka baik (positif thinking), rendah diri, mudah memaafkan, hindari permusuhan, rajin bersedekah, tidak dengki, iri hati dan senyum.

"Satu hal yang membuat anda sukses, jangan lupa doa orang - orang yang di belakang kalian, yaitu orang tua kalian,“ ujarnya.

Erzaldi menambahkan, kesuksesan yang didapatkan bukan semata - mata dari hasil usaha sendiri, namun dengan adanya doa dari orang tua dan orang - orang yang telah berjasa dalam membantu mendidik dan menjadikan para wisudawan/wisudawati menyelesaikan pendidikan yang di selama ini.

"Karena kalian telah melalui fase mahasiswa,hal yang pertama yang harus kalian lakukan adalah sujud, syukur, salam, cium, peluk orang tua kalian, ucapkan terima kasih dari hati yang paling dalam, selanjutnya meminta do’a mereka untuk terus menatap masa depan dan melaksanakan kegiatan ke depan dengan sebaik-baiknya," ujarnya.

Diakhir pengarahannya,  Erzaldi juga berjanji akan memberikan hadiah Umroh gratis kepada wisudawan/wisudawati bersama orang tua masing-masing yang sanggup memaparkan dan menjabarkan 9 pesan yang telah disampaikannya di awal tadi.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019