Perusahaan Umum Damri Pangkalpinang menyiapkan sejumlah bus terbaru untuk melayani transportasi dalam perayaan Natal 2019 dan Tahun 2020 yang disiagakan di Bandara Depati Amir.

"Ada empat bus jenis HiAce yang kita siagakan di bandara," ujar General Manager Perum Damri Pangkalpinang Listawati kepada Antara di Pangkalpinang, Jumat.

Sebanyak empat unit bus tersebut akan melayani rute menuju Jebus dan Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

Perum Damri juga menyiapkan dua unit minibus dan dua bus besar dengan kapasitas 24 seat (tempat duduk) di Pelabuhan Tanjung Kalian untuk membawa penumpang ke Kota Pangkalpinang.

Selain itu, Perum Damri juga menyiagakan sejumlah bus di sekitar kantor yang dapat dioperasikan jika terjadi lonjakan penumpang.

"Beberapa (bus) standby. Kalau ada lonjakan, siap ditambah," katanya.

Menurut Listawati, Peruma Damri bukan hanya menyiapkan bus regular untuk melayani penumpang umum dengan trayek yang telah disiapkan, namun juga menyiapkan bus untuk warga yang ingin berwisata.

Dari pengalaman selama ini, permintaan bus pariwisata tersebut sering mengalami peningkatan ketika masa libur seperti idul Fitri, Natal, dan Tahun Baru.

Kemudian, perusahaan BUMN yang bergerak di bidang transportasi itu juga menyiapkan bus di Pulau Belitung yang sering menjadi tujuan wisata warga dari berbagai daerah.

Layanan angkutan perintis itu disiagakan di Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung untuk melayani trasportasi menuju kelapa kampit, Kabupaten Belitung Timur.

"Ada juga dua unit di Pulau Mendanau di Selat Nasik," katanya.

Pelayanan Perum Damri Pangkalpinang bukan hanya untuk transportasi di Provinsi Bangka Belitung, namun juga melayani transportasi antarprovinsi melalui kerja sama dengan Cabang Palembang.

 

Bus yang disiapkan Perum Damri Pangkalpinang (babel.antaranews.com/Damri)

Perum Damri akan melayani penumpang yang akan bepergian ke Lampung dan Jakarta.

Pewarta: Irwan Arfa

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019