Bupati Bangka Mulkan mengingatkan masyarakat di daerah itu untuk tetap menjaga kelestarian kawasan reklamasi bekas pertambangan yang sudah ditanami berbagai jenis tanaman produktif.

"Saya minta masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian kawasan reklamasi yang sudah ditanami tanaman," katanya di Sungailiat, Sabtu, menanggapi kegiatan penanaman pohon di atas areal bekas tambang biji timah di daerah itu.

Penanaman pohon di bekas tambang biji timah, tidak hanya mengembalikan kondisi lingkungan agar tetap asri, namun juga memberikan nilai manfaat bagi masyarakat dari segi peningkatan kesejahteraan.

"Seperti tanaman buah-buahan yang sudah ditanam hendaknya kita jaga dan dirawat agar tumbuh subur dan menghasilkan buah yang maksimal," katanya.

Bupati Mulkan mengajak semua elemen masyarakat setempat berkomitmen melakukan penghijauan di setiap wilayah, di tempat-tempat yang gersang, terutama kawasan bekas tambang.

Area reklamasi, kata dia, ke depan dapat dikembangkan menjadi kawasan pariwisata dengan daya tarik keindahan pohon dan ekosistem di dalamnya.

"Kita harus optimis kawasan bekas tambang dapat dipulihkan untuk kegiatan yang mempunyai nilai manfaat bagi masyarakat," ujar dia.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019