Sebanyak tiga Desa yang ada di Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak untuk memilih kepala desa yang baru.

"Tiga Desa yang melaksanakan Pilkades serentak yakni Desa Bikang, Bencah dan Rindik," kata Kepala Bidang Administrasi Keuangan dan Desa, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bangka Selatan, Reza di Toboali, Senin.

Ia mengatakan mulai dari pembentukan panitia pelaksana Pilkades serentak hingga pemungutan suara pada hari ini semua berjalan lancar tanpa ada kendala apapun.

"Alhamdulillah mulai dari tahapan hingga saat ini pelaksanaan Pilkades berjalan lancar berkat kerja sama semua pihak, termasuk TNI-Polri yang mengamankan proses pemungutan suara," kata dia.

Ia mengatakan perhitungan surat suara yang dicoblos masyarakat sudah selesai dihitung dan berjalan lancar karena dilakukan secara jujur dan adil.

"Perhitungan suara sudah selesai, namun kami belum menerima laporan siapa saja tokoh masyarakat yang terpilih sebagai kepala desa dari masing-masing desa," kata dia.

Ia menjelaskan dalam pelaksanaan pemungutan suara pada Pilkades saat ini masih menggunakan sistem konvensional atau masih sistem manual.

"Pola pemungutan suara Pilkades masih menggunakan sistem manual dan belum menggunakan E-voting," katanya.

Menurut dia, antusias masyarakat mencalonkan diri sebagai kepala desa cukup tinggi hal itu terlihat dari jumlah calon di masing masing desa.

"Antusias tokoh masyarakat desa cukup tinggi mencalonkan diri sebagai kepala desa dan itu terlihat dari jumlah peserta dimasing-masing desa dengan rincian Desa Bencah sebanyak lima calon Desa Rindik empat calon dan Desa Bikang lima calon," kata dia.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019