Akses wisatawan untuk menuju objek wisata Pulau Ketawai, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka terkendala pendangkalan alur dermaga tambatan perahu di Desa Kurau.

"Memang akses transportasi wisatawan menuju Pulau Ketawai menjadi kendala, kami akan berkoordinasi dengan Pemprov Babel untuk mengatasi masalah tersebut karena bagian dari kewenangan mereka," kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan, saat ini Pemkab Bangka Tengah tidak bisa melakukan pengerukan terhadap alur sungai tempat masuk kapal nelayan karena kewenangan masih di Pemprov Babel.

"Kami berharap Perda terkait pengerukan alur ini disahkan. Dengan demikian maka kewenangan ada di pemerintah daerah," ujarnya.

Ia mengatakan, dermaga tambatan perahu di alur sungai Desa Kurau satu-satunya gerbang atau akses masuk menuju objek wisata Pulau Ketawai.

"Pulau Ketawai satu dari destinasi wisata potensial milik Pemkab Bangka Tengah yang diminati wisatawan lokal dan mancanegara," ujarnya.

Bahkan kata dia Pulau Ketawai merupakan titik singgah kapal layar dari berbagai negara yang selalu menjadi tempat singgah setiap tahunnya.

"Pulau Ketawai termasuk salah satu kawasan wisata yang terus kami kembangkan dan ditingkatkan fasilitas pendukungnya," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019