Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendirikan gerai kerajinan daerah, untuk mempromosikan dan memasarkan sejumlah produk khas daerah.

"Gerai ini sangat strategis untuk memasarkan produk para perajin daerah," kata Kepala Dinas PMPSPP Belitung Timur, Liatim di Manggar, Rabu.

Ia menjelaskan, keberadaan gerai ini dibangun sebagai sarana prasarana, edukasi dan sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah kepada para pelaku usaha untuk memasarkan produk unggulannya.

"Gerai ini merupakan sarana dan prasarana Industri Kecil dan Menengah terutama Kerajinan yang ada di Beltim untuk meningkatkan daya jual produk dan menambah tempat kunjungan wisata di Kabupaten Belitung Timur," ujar Liatim.

Selain itu, kata Liatim, tersedianya gerai itu untuk menampung dan mempromosikan produk IKM Kerajinan terutama kerajinan keramik/tanah liat, serat alam, tekstil/lembaran kain, kayu-kayuan, batu-batuan,logam dan material alam lain yang merupakan binaan Dewan Kerajinan Daerah dan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perdagangan Kabupaten Belitung Timur.

Rencananya dalam waktu dekat di gerai itu akan dipenuhi hasil kerajinan dan olahan makanan dan produk lokal dari tujuh kecamatan di Beltim sehingga memudahkan pengunjung atau wisatawan yang ke Belitung Timur.

Sementara Ketua Dekranasda Belitung Timur, Susy Saswari mengatakan, di Kabupaten Belitung Timur memiliki 192 orang perajin dan paling didominasi oleh pengrajin anyaman pandan, rotan dan bambu. Pihaknya bersyukur gerai kerajinan daerah bisa dimanfaatkan oleh pihak pelaku pengrajin sehingga nantinya diharapkan bisa menjadi salah satu pusat oleh-oleh di Beltim.

"Rata-rata perajin mengharapkan gerai itu bisa dimanfaatkan oleh semua para pelaku UKM di daerah ini," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019