DPRD Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendukung wacana Pemerintah Kabupaten untuk mempercantik kawasan nelayan di Kelurahan Tanjung Ketapang Kecamatan Toboali.

"Yang jelas sebagai anggota DPRD Kabupaten Basel, khususnya Dapil Toboali sangat mendukung wacana Pemkab Basel pada tahun 2020 yang hendak mempercantik Kawasan Nelayan Tanjung Ketapang, terlebih akan dijadikan destinasi baru di daerah kota," kata Anggota DPRD Kabupaten Bangka Selatan, Wendy di Toboali, Rabu.

Menurut dia, dukungan ini diberikan lantaran pihaknya menilai Kelurahan Tanjung Ketapang sudah memiliki dasar yang kuat bahkan destinasi wisatanya sudah di kenal di kancah nasional.

Disamping itu, lokasi tersebut sangat dekat dengan ibukota kabupaten, sehingga akses ke tempat tersebut sangat mudah.

Ia mengatakan wacana Pemkab untuk mengembangkan kawasan nelayan Tanjung Ketapang menjadi destinasi wisata harus ditunjang dengan perencanaan yang matang, sehingga out put yang ingin dicapai bisa direalisasikan.

"Pengembangan bagus, namun perencanaan harus benar benar ada sehingga tujuan dari program tersebut memberikan dampak positif bagi daerah terutama bagi masyarakat," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berencana akan menata kawasan Kelurahan Tanjung Ketapang menjadi Destinasi Wisata Baru yang di beri nama "Excotic Village of Tanjung Ketapang".

Plt Kepala Bappeda Kabupaten Bangka Selatan, Herman di Toboali, Rabu mengatakan penataan kawasan Tanjung Ketapang yang terkesan kurang rapi menjadi Destinasi Wisata baru yang eksotis dan terbangun ini akan dimulai pada tahun 2020 mendatang.

"Pada tahun 2020 nanti kami akan menata kawasan yang kesannya kumuh ini menjadi daerah terbangun. Kita tata, kolaborasi melalui dana kecamatan, kelurahan, Dinas LH, PU," kata dia.

Menurut dia, penataan Kelurahan Tanjung Ketapang menjadi kelurahan atau Desa eksotis akan sesuai dengan perencanaan memiliki konsep tematik. Di sana akan ada landmark atau papan nama bertuliskan Welcome to Tanjung Ketapang.

"Selain itu, kawasan tanjung ketapang akan di isi dengan seni mural, grafity saung pertemuan  dan restoran terapung. Kita mulai action pada tahun 2020 mendatang, untuk kapan selesainya, tergantung dana," kata dia.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019