Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan, mendorong seluruh aparatur sipil negara (ASN) di daerahnya untuk meningkatkan kinerja dalam rangka pemenuhan kebutuhan penyelenggaraan pelayanan publik.

Hal itu disampaikan saat melantik 381 pejabat struktural di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pemerintah Kabupaten Bangka, di Sungailiat, Kamis.

"Tuntutan kinerja berdasarkan pada ketentuan aturan menjadi hal penting yang harus dilakukan oleh seorang ASN," kata Bupati.

Menurut bupati, persoalan kinerja ASN dapat terlaksana apabila terpenuhi variabel budaya dalam sebuah organisasi yang konsisten dan bertanggungjawab dalam setiap pekerjaan.

"Pelantikan 381 orang pejabat struktural merupakan jumlah terbanyak selama saya menjabat sebagai bupati dalam kurun waktu satu tahun lebih," jelasnya.

Bupati mengatakan, selain harus meningkatkan kinerjanya kemampuan melakukan inovasi kreatif juga perlu dilakukan untuk menggali potensi keuangan daerah.

"Berbagai sumber anggaran dari pemerintah pusat sudah mulai dikurangi bahkan dana bantuan untuk kegiatan fisik sudah tidak ada lagi," ujar Bupati.

Kebijakan pemerintah pusat dengan pengurangan dana transfer ke daerah kata bupati, menuntut daerah untuk mandiri dalam mengelola daerahnya masing-masing.

"Kondisi ini harus disikapi dengan kemampuan daerah dalam menggali dan mengelola potensi daerah yang dimilikinya," jelasnya.

Wilayah Kabupaten Bangka, memiliki potensi alam yang cukup banyak hanya saja belum semuanya dikelola dengan maksimal.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020