Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak wartawan yang ada di daerah itu untuk berperan aktif sukseskan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020.

"Hari ini pertemuan dengan kawan insan pers sesuai dengan kegiatan dari pokja Kehumasan, media center dan pelayanan informasi Pilkada 2020 guna mengajak awak media untuk berperan dalam mengedukasi masyarakat terkait informasi tahapan tahapan sampai pelaksanaan Pilkada," Kata Komisioner KPU Bidang Perencanaan Data dan Informasi, Rahmad Nadi di Toboali, Selasa.

Menurut dia, Peran media sangat penting, karena masyarakat lebih mudah mendapatkan informasi dari media, untuk itu kerjasama ini diharapkan dapat mempermudah untuk memberikan pemahaman dan penjelasan kepada masyarakat terkait Pilkada.

"Dari hasil evaluasi kami, salah satu penyebab minimnya partisipasi disebabkan kurangnya informasi, sehingga banyak masyarakat yang tidak mengetahui mulai dari tahapan, figur dan calon itu sendiri, untuk itu kami berharap dengan bekerja sama dengan media dapat mengedukasikan masyarakat, sehingga dapat meningkatkan partisipasi pemilih," kata dia.

Sekretaris Pokja Jurnalis Bangka Selatan, Wiwin Suseno mengatakan sangat menyambut baik rencana KPU yang mangandeng media untuk ikut sukseskan Pilkada 2020.

"Kami dari Pokja Jurnalis Basel sangat menyambut baik wacana KPU ini, karena dengan adanya keterlibatan media diharapkan publikasi dan informasi terkait pilkada dapat menyentuh langsung kepada masyarakat," kata dia

Menurut dia, sejauh ini pihaknya siap untuk mendukung KPU dalam mensukseskan Pilkada, namun teknis dan konsepnya harus dibicarakan lebih lanjut.

"Tadi saat rapat kawan kawan menyatakan siap sinergi dengan kpu untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat, namun untuk konsep dan teknisnya belum ditentukan," kata dia.

Pewarta: Eko SR

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020