Pangkalpinang (Antara Babel) - Kepolisian Resor Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung berhasil mengamankan Elwani Hariadi (40), satu dari dua orang pelaku penipuan asal Palembang terhadap empat orang pelajar.

"Pelaku diamankan di Taman Merdeka, Kelurahan Batin Tikal, Kecamatan Taman Sari pada Sabtu (30/8) sekitar pukul 16.00 WIB, setelah masyarakat merasa curiga dengan gerak geriknya yang berusaha melarikan diri saat melakukan penipuan terhadap empat orang pelajar," ujar Kapolres Pangkalpinang AKBP Nur Romdhoni melalui Kabag Ops Kompol Raspandi, Minggu.

Ia mengatakan, keempat korban tersebut yakni, Yoga (12) warga Bukit Merapin Pangkalpinang, F.Wanda (13) warga Jalan Delima Siam Bukit Intan Pangkalpinang, Dafa (12) warga Jalan Bukit Lama Pangkalpinang, Eristio (12) warga Girimaya Pangkalpinang.

Lebih lanjut kata Dia, modus yang mereka lakukan dalam aksinya adalah dengan cara menawarkan suatu benda berupa alumunium yang mempunyai khasiat yang dapat mengobati berbagai macam penyakit.

"Benda berupa alumunium tersebut mereka tawarkan kepada empat orang pelajar tersebut dengan syarat mereka harus menyerahkan barang-barang berharga miliknya kepada pelaku," ungkapnya.

Dikatakannya, para pelajar yang sudah tertipu oleh pelaku langsung menyerahkan barang-barang berharga miliknya berupa laptop Acer, Hp Samsung S3, dua unit Tab Samsung Galaxy 3 dan Hp Samsung S4.

"Barang-barang yang telah diserahkan oleh ke empat pelajar tersebut langsung dibawa kabur oleh salah satu pelaku yang bernama Udin lan (32) warga asal Palembang. Sedangkan pelaku yang lainnya sempat ditangkap oleh masyarakat sekitar," ujarnya.

Ia mengatakan, salah satu pelaku yang berhasil diamankan saat ini telah ditahan di Polres Pangkalpinang dan masih menjalani pemeriksaan untuk pengembangan lebih lanjut.

"Kami juga masih terus menyelidiki keberadaan salah satu pelaku yang berhasil melarikan diri. Identitas pelaku telah kami kantongi dan diusahakan secepatnya dapat ditangkap," katanya.

Pewarta:

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014