Pangkalpinang (Antara Babel) - Sebanyak 52 tenaga honor kategori satu (K1) di Pemerintahan Kota Pangkalpinang dilantik menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"52 PNS yang dilantik berasal dari pegawai honorer K1 yang lulus verifikasi dan diangkat menjadi PNS oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada 2014. Selain itu kami juga menyerahkan SK PNS kepada 89 orang honorer kategori dua (K2)," ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah Pangkalpinang, Fitriansyah, Senin.

Ia mengatakan, pelantikan ratusan honorer dilakukan langsung oleh Wali Kota Pangkalpinang, Muhammad Irwansyah di ruang pertemuan Kantor Wali Kota Pangkalpinang.

"Kepada yang dilantik kami berharap dapat mensyukurinya melalui kinerja dan pelayanan yang terbaik sebagai abdi negara," katanya.  
    
Sementara itu Irwansyah mengatakan, pelantikan PNS merupakan kebijakan nasional di bidang pengangkatan tenaga pegawai negeri sipil.

"Kepada yang dilantik saya berharap tidak segan menimba ilmu kepada pegawai yang lebih senior. Utamakanlah loyalitas dalam bekerja. Teruslah belajar dan jangan segan minta bimbingan kepada PNS yang lebih senior," katanya.

Ia mengatakan, dengan bertambahnya jumlah PNS diharapkan dapat membawa kemajuan pelayanan pemerintahan di ibu kota provinsi itu.

"Jumlah PNS kita mencapai 3.882 orang. Jumlah ini memang kurang ideal mengingat beban kerja setiap SKPD yang semakin membutuhkan banyak pegawai. Untuk itu kita terus melakukan rasionalisasi pegawai untuk mendukung kinerja pemerintahan," katanya.

Ia menambahkan, Pemerintah Kota Pangkalpinang telah membuka 79 formasi CPNS untuk penerimaan pada tahun ini. Meski dinilai jumlah kuota tak ideal, diharapkan pegawai yang baru akan mendukung birokrasi pemerintahan kota yang lebih baik.

"Jumlah formasi penerimaan CPNS kita tahun ini sebanyak 79 orang memang kita rasakan kurang. Apalagi dengan adanya perubahan status kelurahan menjadi SKPD tentu akan membutuhkan tambahan pegawai. Makanya untuk mencukupi itu kita lakukan  rasionalisasi pegawai yang akan mendukung kinerja di tingkat kelurahan nantinya," katanya.

Pewarta: Oleh: Leo Oktaviano

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014