Tim juri kontes durian yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memutuskan durian citra manis asal Desa Penagan berhasil menjadi pemenang kontes durian unggul 2020.

Durian citra manis ini dimiliki oleh peserta nomor 105 atas nama Zaimi, warga Desa Penagan, Kabupaten Bangka.

Untuk juara kedua diraih peserta nomor 108 atas nama Zaka Musofan dari Desa Rajik, Kabupaten Bangka Selatan. Dan juara ketiga diraih peserta atas nama Bowi Teguh dari Kabupaten Bangka Selatan.

Untuk juara harapan I diraih peserta nomor 95 atas nama Irianto dari Desa Air Mesu, Kabupaten Bangka Tengah. Juara harapan II diraih peserta nomor 154 atas nama Dani dari Desa Pusuk, Kabupaten Bangka Barar dan juara harapan III diraih oleh Zico dari Desa Tuik, Kabupaten Bangka Barat.

Setelah melalui proses penilaian dari 207 peserta kontes, tim penilai memutuskan 32 varietas buah durian yang masuk dalam tahap penilaian selanjutnya, yakni babak penyisihan.

Adapun unsur yang dinilai untuk varietas durian unggul yakni, cita rasa, isi buah, bentuk buah, biji, serta aroma durian tersebut.

"Setelah melewati babak penyisihan, barulah tim dewan juri memutuskan pemenang dari kontes pencarian varietas durian unggul tersebut," ujarnya.

Tim dewan juri dalam kontes ini berasal dari Balai Varietas Tanaman Kementerian Pertanian RI, Balai Penelitian dan Pengembangan Tanaman Buah (Solok) Balitbang Kementerian Pertanian dan Yayasan Durian Nasional.

Penyerahan hadiah dilakukan secara langsung oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman yang didampingi oleh Pj. Sekda Babel, Yulizar Adnan, serta Kepala Dinas Pertanian, Juaidi.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020