Pangkalpinang (Antara Babel) - Satlantas Polres Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, menggandeng para juru parkir kawasan Pasar Pagi Pangkalpinang untuk melaksanakan program pelopor keselamatan berlalu lintas.

"Kami telah memberikan arahan ke para petugas parkir di Pasar Pagi agar senantiasa melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab. Mereka juga diharapkan bisa memarkirkan dan mengarahkan pengemudi untuk tertib," kata Kapolres Pangkalpinang AKBP Nur Romdhoni melalui Kasat Lantas AKP Adnan Wahyu Kashogi, Selasa
    
Ia mengatakan, tujuan lain dari arahan yang diberikan kepada para petugas parkir agar bisa mewujudkan keamanan, ketertiban dan kelancaran serta keselamatan dalam berlalu lintas bagi semua pengguna jalan.

Menurutnya, para juru parkir merupakan salah satu ujung tombak dalam keselamatan berlalu lintas di Pasar Pagi. Tugas yang mereka lakukan sangat membantu pihak kepolisian.

"Selain dapat menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat, mereka juga diharapkan dapat meminimalisir angka kecelakaan khususnya di kawasan Pasar Pagi yang selalu ramai setiap harinya," ungkapnya.

Dalam arahan tersebut pihaknya menjelaskan berbagai tata cara dalam mengatur arus lalu lintas agar tidak mengganggu pengguna jalan lainnya saat mengarahkan pengunjung memarkirkan kendaraannya.

Ia menilai, selama ini para petugas parkir di Pasar Pagi hanya sekadar membantu pengunjung memarkirkan kendaraannya, tanpa melihat arus lalu lintas sekitarnya yang dapat menyebabkan kemacetan.

"Hampir setiap pagi di kawasan Pasar Pagi terjadi kemacetan. hal ini dikarenakan para petugas parkir belum mengetahui tata cara mengatur arus lalu lintas yang benar," jelasnya.

Ia mengatakan, dengan telah dijadikannya para petugas parkir tersebut sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas, diharapkan kawasan Pasar pagi bisa terhindar dari kemacetan. Selain itu mereka juga bisa membantu menekan angka kecelakan.***1***

Pewarta: Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014