Kelompok Kerja Jurnalis Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung teken MoU dengan SMPN 3 Air Gegas guna menggelorakan semangat literasi di Sekolah.

Ketua Pokja Jurnalis Basel, Dedy Irawan di Toboali, Rabu mengatakan sangat menyambut positif dan mendukung upaya SMPN 3 Airgegas untuk membangun gerakan literasi dalam rangka menuju sekolah adiwiyata.

"Kami dari pokja Jurnalis Basel siap mendukung sesuai dengan tupoksi kami mempublikasi semua kegiatan sekolah. Silahkan sampaikan rilis kegiatan sekolah, prestasi sekolah, siswa serta guru, tulisan opini, cerpen dan Insya Allah pokja akan mempublikasikannya," kata dia.

Kepala SMPN 3 Airgegas Fauzi mengatakan selain menggelorakan semangat literasi di sekolah, Mou ini sebagai salah satu upaya untuk SMPN 3 Airgegas menuju sekolah Adiwiyata tingkat kabupaten 2020.

"Kerjasama MoU bersama rekan rekan Pokja Jurnalis Basel ini sebagai bentuk upaya untuk menuju sekolah adiwiyata tingkat kabupaten. Jadi kami dari SMPN 3 Airgegas menargetkan insya Allah 2020 kita bisa Adiwiyata kabupaten," kata dia.

Ia menjelaskan adiwiyata merupakan salah satu program dari Kementerian LHK guna mendorong terciptanya pengetahuan serta kesadaran warga sekolah dalam pelestarian lingkungan hidup.

Penghargaan Adiwiyata ini diberikan kepada sekolah yang peduli serta berbudaya lingkungan. Program Adiwiyata ditujukan pada sekolah-sekolah yang menerapkan pola berbudaya green school.

"Nanti mungkin selanjutnya kita bertahap ke Adiwiyata provinsi, kalau bisa Adiwiyata mandiri tingkat nasional. MoU ini salah satu syarat, setiap kegiatan sekolah berhubungan dengan Adiwiyata harus dipublikasi di media," kata dia.

Adapun kegiatan adiwiyata yang dimaksud meliputi kegiatan ilmiah, kesiswaan serta sarana dan prasarana. Dia berharap dengan adanya MoU bersama pokja tersebut target sekolah menuju adiwiyata dapat tercapai.

"Semoga dengan kerja sama ini, kegiatan-kegiatan kita yang ada di sekolah bisa dipublikasikan ke media. Karena ini penting, dan masuk syarat yang harus dipenuhi selain poin-poin lain juga yang harus kita genjot," kata dia.

Pewarta: Eko Septianto Rasyim

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020