Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengantisipasi terjadinya inflasi jelang perayaan Tahun Baru Imlek 2020 di daerah itu.

Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie di Tanjung Pandan, Rabu mengatakan beberapa komoditi yang memberikan andil terjadinya inflasi antara lain ikan, ayam potong, telur ayam, cabai dan tiket pesawat.

"Kami sudah petakan komoditi yang berkontribusi terhadap inflasi dari tahun ke tahun dan semuanya hampir sama maka nantinya ini akan kami kontrol," ujarnya.

Ia mengatakan, menjelang Imlek permintaan terhadap beberapa komoditi seperti gula pasir, telur ayam dan mentega dipastikan meningkat.

Sehingga dirinya meminta kepada Perum Bulog setempat untuk melakukan intervensi pasar terhadap komoditi tersebut guna mencegah terjadinya kenaikan harga.

"Kami menginginkan Bulog menjadi penyangga pasar BUMD dan BUMDes menjadi distributor untuk mendekatkan komoditi itu ke masyarakat," katanya.

Isyak menambahkan, inflasi yang tercatat pada Imlek 2018 sebesar 2,67 persen dan inflasi yang terjadi pada Imlek 2019 sebesar 2,98 persen.

"Jadi ada kenaikan dan kami harapkan di Imlek tahun ini inflasi angkanya tidak terlalu tinggi," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020