Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah (BKPSDMD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan segera mempersiapkan tenaga pengajar untuk Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) dan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) yang berlangsung pada 21 hingga 29 Januari mendatang.
 
"Ini penting dilakukan untuk memastikan pemahaman para pengajar terhadap materi yang akan disampaikan," kata 
Kepala Bidang Pengembangan SDM BKPSDMD Babel, Mohamad Iqbalsyah di Pangkalpinang, Jumat.
 
Ia mengatakan, ada perubahan pengembangan program PKP dan PKA. Workshop ini akan membantu para tenaga pengajar atau Widyaiswara (WI) untuk memastikan pemahaman mereka terhadap materi yang akan disampaikan.
 
Dari pedoman workshop penyiapan pengajar PKA dan PKP Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI,  penyelenggaraan workshop penyiapan pengajar PKP dan PKA bertujuan untuk menyiapkan tenaga pengajar atau fasilitator dalam menggelar PKP dan PKA.
 
Kompetensi yang dibangun dalam workshop penyiapan tenaga pengajar adalah kompetensi tenaga pengajar atau fasilitator yang profesional dengan sejumlah indikasi, mulai dari kemampuan pemahaman kebijakan penyelenggaraan hingga pemahaman rancang bangun program mata pelatihan.
 
"Disamping itu, peserta workshop juga diharapkan memiliki kemampuan mengenali permasalahan dan menganalisis berbagai pemecahannya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam penyelenggaraan PKP dan PKA," ujarnya.
 
Kepala Sub Bidang Kompetensi Dasar dan Manajerial, Muhaidi menambahkan, setiap peserta akan mengikuti setiap sesi workshop. Nanti para peserta akan mengikuti pembelajaran melalui e-learning dan pembelajaran klasikal serta evaluasi.
 
Oleh karena itu para peserta diharapkan dapat menjadi bagian yang mendukung dan memperkuat pengembangan program pelatihan.
 
"Adanya pengembangan program pelatihan ini, para tenaga pengajar dapat dapat menyesuaikan diri, sehingga dalam penyelenggaraan pelatihan nanti berjalan sukses dan lancar," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020