Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan kegiatan Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktibplin) personil Polri di Polres Bangka Selatan dan Jajaran.

Dalam pengecekan yang dilaksanakan oleh Bidang Propam Polda Babel ini, Kapolres Bangka Selatan, AKBP Ferdinand Suwarji ikut di periksa.

Kepala Sub Bidang Propam Polda Kepulauan Bangka Belitung, Kompol Marisi Simamora di Toboali, Selasa mengatakan sasaran kegiatan yang dilaksanakan secara mendadak ini adalah untuk pengecekan meliputi sikap tampang dan surat surat identitas diri personil Polri khususnya Polres Basel dan jajaran.

"Kegiatan ini merupakan Perintah langsung Kapolda Babel, Birigjen Pol  Anang Syarif Hidayat, dan sengaja  dilakukan secara dadakan agar setiap anggota Polres dan Polsek Jajaran memiliki tanggung jawab secara moril akan tugasnya sebagai penegak hukum dan meningkatkan kedisiplinan. Alangkah baiknya kita bersih bersih diri terlebih dahulu, sebelum melakukan kebersihan diluar institusi kita," kata dia.

Selain itu, Tim Propam Polda Babel bersama Dokkes Polda Babel juga melaksanakan pemeriksaan urine seluruh personel untuk memastikan agar anggota Polri di Polres Basel bebas dari penyalahgunaan narkoba.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, tim Gaktibplin tidak menemukan pelanggaran yang berarti. sebagian besar secara sikap tampang sudah sesuai aturan. Sementara itu hasil pengecekan urin yang di lakukan ke personil negatif semua.

"Ada beberapa personil yang sedikit gondrong dan harus di cukur untuk di rapikan. Untuk kelengkapan diri seperti Kartu Tanda Anggota (KTA), KTP, SIM dan lain-lain lengkap sementara untuk hasil cek urin alhamdulillah negatif semua, artinya tidak ada yang terindikasi menggunakan narkotika dan obat-obatan terlarang," kata dia.

Ia menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengukur sejauh mana personil Polres Basel dan jajaran Polsek sebagai teladan di masyarakat, mampu membentengi diri untuk tidak terlibat dalam perilaku menyimpang penyalahgunaan narkoba, serta obat obatan terlarang lainnya.

"Kami berterimakasih kepada seluruh Polsek Jajaran, karena sejauh pemeriksaan ini, kita tidak mendapati personil yang melakukan penyimpangan. Bahkan pelanggaran berkaitan dengan pemeriksaan surat surat pun kami nilai semuanya tertib dan tidak ada yang terindikasi menggunakan narkoba," kata dia.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020