Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah melantik Pengurus dan Anggota Dewan Pendidikan Provinsi Kepulauan Babel periode 2020-2024, sebagai langkah pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di daerah itu.

"Saya berharap pengurus dan anggota dewan pendidikan tahun ini lebih kritis dan menjalankan tugas serta fungsinya dengan baik," kata Abdul Fatah usai melantik Pengurus dan Anggota Dewan Pendidikan Provinsi Kepulauan Babel di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan pelantikan Pengurus Dewan Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Babel Nomor 188.44/1113/Disdik/2019 tentang Penetapan Dewan Pendidikan Provinsi Kepulauan Babel Periode 2020-2024.

Selain itu, pelatikan Pengurus dan Anggota Dewan sejalan dengan amanat Rencana Pembangunan Jangka Pendek dan Jangka Panjang Nasional.

"Pengurus Dewan Pendidikan memiliki posisi yang sangat sentral dan strategis sesuai perundang-undangan, salah satunya diatur dalam Peratuan Pemerintah 2010," ujarnya.

Menurut dia, dewan pendidikan ini memiliki posisi strategis dalam memajukan dunia pendidikan, nantinya mereka dapat menyerap keluhan, informasi dan kritik serta saran dari masyarakat.

"Saya meyakini kepengurusan yang baru mampu menjalankan tugasnya sesuai amanat dari peraturan pemerintah," katanya.

Tugas dan fungsi Dewan Pendidikan Provinsi Babel, salah satunya untuk mengkritisi kebijakan, penyelenggaraan-penyelengaraan kegiatan pendidikan, urusan kependidian dan keluaran-keluaran pendidikan.

"Dengan melihat posisi yang sangat penting ini, Dewan Pendidikan itu untuk mengkritisi tataran penyelenggaraan pemerintahan, menyusun programnya, kemudian menyusun kegiatannya sampai dengan keluaran dari program tersebut," katanya.

Ketajaman Pengurus Dewan Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini diperlukan untuk mendengar dan menangkap keluhan masyarakat berkenaan dengan dunia pendidikan, yang kemudian menganalisisnya dan diteruskan kepada penyelenggara pemerintahan.

"Jika ini berjalan dengan baik, segala hambatan-hambatan yang terjadi di dalam dunia pendidikan akan dapat diminimalisir sedemikian rupa," katanya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020