Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar kegiatan sambang pengawasan di empat desa, dalam rangka mengajak masyarakat melakukan pengawasan partisipatif.

"Sambang pengawasan merupakan program Bawaslu untuk mengajak masyarakat berpartisipasi dalam melakukan pengawasan terhadap proses Pilkada 2020," kata Ketua Bawaslu Bangka Tengah, Robianto di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan, kegiatan sambang pengawasan akan dilaksanakan di seluruh desa dan untuk tahap awal digelar pada empat desa yaitu Desa Keretak, Keretak Atas, Pasir Garam dan Desa Terak.

"Ada beberapa fokus pengawasan dalam kegiatan sambang pengawasan di antaranya pemutakhiran data pemilih, pengawasan kampanye dan pengawasan masa tenang," ujarnya.

Bawaslu Bangka Tengah juga sudah menjalin kerjasama dengan pihak kecamatan dalam rangka mengawal pesta demokrasi dalam Pilkada 2020.

"Terutama kami meminta kepada pihak kecamatan untuk mengimbau kepada ASN, kepala desa, lurah, dan pihak RT untuk bersikap netral dalam Pilkada 2020," ujarnya.

Ia mengharapkan partisipasi masyarakat dalam mengawal pelaksanaan pilkada agar berjalan secara demokratis, jujur dan adil.

"Dengan terbatasnya jumlah petugas pengawasan, maka partisipasi masyarakat sangat diharapkan agar pesta demokrasi Pilkada 2020 berjalan secara jujur dan adil," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020