Polda Kepulauan Bangka Belitung melakukan penghijauan di lahan bekas tambang yang ada di Desa Keposang, Kabupaten Bangka Selatan.

Penghijauan ini dilakukan sebagai bentuk komitmen bersama dengan PT Timah dan Formkominda Bangka Selatan untuk memperbaiki lingkungan yang rusak yang disebabkan aktivitas penambangan timah.

Sebanyak 1966 Pohon buah-buahan, sepeti Alpukat, Mangga, Nangka dan Jambu Mente ditanam oleh Kapolda Babel, Brigjen Pol Anang Syarif Hidayat bersama PT Timah serta Forkominda Bangka Selatan guna meremajakan kembali lahan bekas tambang seluas 12,6 hektare di Desa Keposang.

"Penanaman ini dilakukan dengan tujuan agar wilayah bekas pertambangan dapat kembali hijau dan membawa manfaat bagi masyarakat sekitar," Kata Kapolda di Toboali, Jum'at.

Ia berharap kedepan pohon buah-buahan ini kedepan dapat tumbuh dan subur sehingga bisa dinikmati oleh genarasi selanjutnya.

"Selain itu kami berharap dengan tanah yang hijau, kedepan Bangka Selatan, khususnya desa keposang mempunyai sumber oksigen dan dapat membuat lingkungan lebih asri dan segar," kata dia.

Selain melakukan penanaman pohon dilahan bekas tambang Kapolda Babel bersama forkominda melepas beberapa burung kembali kehabitat dan memasang plang himbauan agar tidak melakukan aktivitas penambangan tanpa izin dilokasi yang sudah di reklamasi.

Pewarta: Eko Septianto Rasyim

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020