Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menebarkan ratusan kilogram bibit udang galah di Sungai Selan.

"Ini dilakukan untuk menjaga populasi dan meningkatkan produksi udang galah di Kecamatan Sungaiselan," kata Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh usai menghadiri penebaran benih udang galah di Sungaiselan, Babel, Minggu.

Ia menjelaskan, setiap kecamatan di kabupaten itu memiliki potensi perikanan laut dan perikanan budi daya termasuk di Kecamatan Sungaiselan.

"Kecamatan Sungaiselan memiliki potensi untuk udang galah, bahkan sudah menjadi sentra produksi udang galah di Provinsi Babel," ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini sudah ada kelompok budi daya khusus untuk mengembangkan produksi udang galah.

"Pemerintah daerah melalui Dinas Perikanan terus memberikan pembinaan kepada kelompok budi daya udang galah untuk meningkatkan produksi," ujarnya.

Ia mengatakan, pemasaran udang galah asal Sungaiselan tidak hanya pasar lokal, tetapi juga pasar luar daerah.

"Upaya yang dilakukan pemerintah daerah dengan memberikan pelatihan tentang cara membudidayakan udang galah sangat berpengaruh terhadap produksi," ujarnya.

Ia mengatakan pemerintah daerah menjalankan program pembangunan berbasis desa dan kecamatan dengan menggali potensi yang ada pada setiap desa tersebut.

"Misalnya di Sungaiselan potensinya adalah udang galah, maka potensi ini terus kami dorong untuk terus dikembangkan dan masyarakat kami minta lebih kreatif dan inovatif," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020