Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah turut memperingati hari Rapat Paripurna Istimewa I, Masa Persidangan I Hari Jadi Kota Belitung Timur XVII.

"Kita ucapkan selamat dan Saya mengapresiasi Pemkab Beltim karena berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri RI, Beltim menunjukkan hasil evaluasi yang cukup baik dalam Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD), dimana Pemkab Beltim berada di peringkat 148 dari 415 kabupaten secara nasional," kata Abdul Fatah, Senin.

Ia mengatakan, mengenai persiapan agenda politik dalam negeri, di mana dalam waktu dekat akan ada 9 provinsi, 214 kabupaten, dan 37 kota yang turut berpartisipasi dalam Pilkada 2020.

"Untuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sendiri akan ada empat kabupaten yang ikut berpartisipasi, yaitu Bangka Tengah, Bangka Selatan, Bangka Barat, dan Belitung Timur," ujarnya.

Untuk itu, beliau mengimbau dan berpesan untuk tetap menjaga berjalannya demokrasi dalam keadaan kondusif.

"Mari kita senantiasa menjaga agar tetap kondusif dengan menaati kaidah-kaidah sebagaimana kita harus berperilaku dan bertindak dalam suasana tersebut," ujarnya.

Ketua DPRD Kabupaten Belitung Timur, Fezzi Uktolseja mengatakan, peringatan Hari Jadi Kabupaten Belitung Timur ke-17 merupakan pengingat bagi masyarakat dan khususnya kepada para pemangku kepentingan dalam merefleksikan kembali perjalanan serta agenda pembangunan daerah.

"Peringatan hari jadi yang diperingati setiap tahun, diharapkan mampu memberikan makna penting dalam komponen masyarakat Beltim untuk menjadi kabupaten maju, unggul, dan sejahtera," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Belitung Timur, Yuslih Burhanudin, di depan tamu undangan menyampaikan pencapaian dan penghargaan-penghargaan yang diraih oleh Kabupaten Beltim dalam kurun waktu 17 tahun tersebut. 

Berbagai pencapaian tersebut diantaranya  adalah Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) yang merupakan salah satu program dalam rangka reformasi birokrasi yang mencapai 63,47% dan berada pada peringkat B di tahun 2018. 

Selain itu, sejak tahun 2013 hingga 2019, Beltim mendapatkan penghargaan Kabupaten Peduli HAM. Pada bidang pendidikan, Pemkab Beltim menganggarkan 25,96% dan kesehatan 11,80%, hal ini melampaui ketentuan pemerintah pusat yang menganggarkan minimal 20% untuk pendidikan dan 10% untuk kesehatan. 

Sedangkan dalam bidang lingkungan hidup,  Pemkab Beltim mendapatkan Piala Adipura yang diraih tiga tahun berturut-turut dari tahun 2015-2017.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020