Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan mendapat bantuan lima unit kapal nelayan dari pemerintah pusat melalui APBN tahun 2020.

"Lima unit kapal itu akan kembali disalurkan kepada nelayan melalui koperasi nelayan," kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka, Ahmad Safran di Sungailiat, Rabu.

Menurut dia, lima unit kapal nelayan bantuan dari pemerintah pusat kapasitas kurang dari tiga gross ton itu lebih banyak dibandingkan tahun 2019 yang hanya tiga unit kapal.

Menurutnya, bantuan nelayan dan alat tangkap dari dana pemerintah daerah maka nelayan cukup membentuk kelompok yang disahkan oleh pemerintah daerah setempat, sedangkan bantuan dari pemerintah pusat harus melalui organisasi koperasi nelayan.

"Pemerintah daerah tahun 2020, melakukan kegiatan bantuan bagi pembudidaya perikanan berupa pemeliharaan kolam benih ikan dan kolam ikan percontohan," ungkapnya.

Bantuan yang disalurkan dari pemerintah baik berupa kapal, kegiatan pembudidaya perikanan maupun alat tangkap nelayan, kata dia guna mendorong perecepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Penyaluran bantuan secara selektif dengan berbagai pertimbangan kebutuhan calaon penerima dan penilaian dukungan yang memperkuat lainnya," tambahnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020