Dinas Sosial Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan melakukan validasi data keluarga penerima manfaat (KPM) program bantuan sosial dari pemerintah.

"Kami akan melakukan validasi data bagi KPM agar bantuan sosial yang disalurkan pemerintah benar-benar tepat sasaran," kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bangka Bahrudin Bafa di Sungailiat, Kamis.

Validasi data KPM, menurut dia, akan melibatkan aparat pemerintah desa yang lebih mengetahui kondisi kesejahteraan warganya.

Baca juga: Dinsos: Transformasi BPNT ke program sembako untuk efektivitas KPM

"Pemerintah desa juga mengetahui tingkat kesejahteraan warganya sehingga yang sebelumnya mendapatkan bantuan sosial namun mengalami peningkatan taraf sosialnya hendaknya tidak dimasukkan kembali dalam KPM," katanya.

Data yang akurat dan akuntabel usulan dari pemerintah desa, ia menjelaskan, akan menjadi dasar penyaluran bantuan sosial kepada warga.

"Bupati Bangka menginginkan agar urusan sosial dan pemerintahan desa hendaknya dapat dipisahkan agar lebih fokus dalam penanganan masalah sosial," katanya.

Menurut data Dinas Sosial, jumlah keluarga penerima manfaat program bantuan sosial di Kabupaten Bangka tahun 2019 lebih dari 4.000 dan tersebar di 19 kelurahan dan 62 desa di delapan kecamatan.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020