Masyarakat yang datang mengunjungi Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada 2019 mencapai 15.502 orang.

"Jumlah pengunjung pada 2019 tercatat sebanyak 15.502 dan jumlah tersebut sesuai dengan catatan kami meningkat jika dibanding pada 2018 yang tercatat sekitar 14.000 pengunjung," kata Kepala Bidang (Kabid) Perpustakaan, Dinas Perpustakaan Kabupaten Belitung Timur, Sony Aprianto di Manggar, Jumat.

Ia menjelaskan, pengunjung perpustakaan didominasi kalangan pelajar yaitu sebanyak 10.049 orang dan sisanya kalangan mahasiswa serta umum.

"Jumlah pengunjung mengalami peningkatan karena banyak koleksi buku bacaan dan adanya perpustakaan digital serta akses internet yang tanpa hambatan," ujarnya.

Pihaknya melihat pengunjung yang datang tidak hanya untuk membaca, meminjam dan mencari literatur dari sejumlah koleksi buku tetapi juga dipengaruhi oleh jaringan internet.

"Kita sudah memiliki akses internet yang sangat memadai di Perpusda sehingga pengunjung menjadi betah berlama-lama," ujarnya.

Ke depan pihaknya akan melakukan perbaikan fasilitas dan sarana prasarana, juga akan melakukan promosi dan sosialisasi.

"Jadi bentuk publikasi yang akan kami lakukan kami akan turun langsung ke sekolah-sekolah dan juga membuat baliho untuk memperkenalkan bahwa di daerah ini memiliki Perpusda yang representatif untuk anak-anak belajar," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020