Manchester (Antara Babel) - Pelatih Manchester United Louis van Gaal mengakui peluang untuk mendatangkan penyerang Kolombia Radamel Falcao membuat Danny Welbeck yang kurang tajam menjadi surplus terhadap kebutuhan di Old Trafford.

Pindahnya Welbeck ke Arsenal dengan nilai transfer 16 juta pound pada hari terakhir bursa transfer mengejutkan banyak orang, di mana mantan bek United Gary Neville merupakan salah satu dari banyak orang yang mempertanyakan kebijakan membiarkan pemain 23 tahun itu direkrut kompetitor potensial untuk memperebutkan zona Liga Champions.

Welbeck, yang merupakan produk akademi United, mencetak kedua gol Inggris saat mereka menang 2-0 atas Swiss pada pertandingan fase grup kualifikasi Piala Eropa Senin lalu, dan terlihat akan memimpin serangan Arsenal untuk beberapa bulan mendatang karena absennya Olivier Giroud.

Namun Van Gaal mengungkapkan bahwa ia telah memikirkan untuk melepas Welbeck dan Javier Hernandez bukan agar dapat memberi kesempatan bermain pada pemain-pemain muda lainnya, seperti penyerang belia James Wilson, namun karena ia tidak yakin Welbeck cukup bagus untuk United.

Saat menjalani masa peminjaman di Sunderland pada 2010/2011, Welbeck hanya mencatatkan 29 gol dari 142 penampilannya untuk klub itu.

"Saya telah memberi kesempatan kepada semua pemain untuk meyakinkan saya mengenai kualitas mereka," kata Van Gaal pada Kamis.  
   
"Danny Welbeck telah berada di sini sejak ia berusia sembilan tahun. Setelah Sunderland ia bermain selama tiga musim untuk Manchester United, namun ia tidak memiliki rekor seperti Van Persie atau Wayne Rooney dan itulah standarnya."
   
"Itulah mengapa kami membiarkan ia pergi, karena Falcao namun juga karena para pemain muda dapat cocok ke dalamnya dan saya ulangi, itulah kebijakannya, dan itulah yang saya lakukan di sini."

Rekor yang tidak dapat dipercaya
   
Sebagai perbandingan, Falcao memiliki rekor luar biasa, dengan 200 gol dari 305 penampilan di level klub sepanjang kariernya, di mana pemain internasional Kolombia itu pernah bermain di River Plate, FC Porto, Atletico Madrid, dan AS Monaco dalam lima tahun terakhir.

"Ketika Anda mengontrak atau membeli pemain seperti Falcao, saya tidak memiliki keraguan karena bagi saya ia merupakan salah satu penyerang terbaik di dunia, dan ketika Anda melihat rekornya itu tidak dapat dipercaya," tambah Van Gaal.

"Hari ini saat latihan ia mendapatkan satu bola dan itu menjadi gol. Ia mengofirmasinya pada sesi latihan pertamanya dengan saya, namun ketika saya mengatakan hal ini saya memberikan terlalu banyak tekanan terhadapnya."
   
"Saya tahu sangat sulit untuk datang dari klub lain ke Manchester United yang berada dalam proses baru. Kami membiarkan pergi 14 pemain dan membeli enam (pemain), maka 20 pemain memiliki hubungan satu sama lain di ruang ganti."
   
"Terdapat hierarki di ruang ganti. Itu tidak mudah. Itulah mengapa saya meminta waktu karena saya mengetahui bahwa hal ini akan terjadi."
   
Meski sedang menjalani proses transisi, di mana United gagal memenangi satu pertandingan pun sejauh ini, Falcao, yang telah pulih dari cedera lutut serius yang dideritanya sejak Januari, menegaskan kualitas para pemain United akan membantunya menyesuaikan diri dengan cepat di Old Trafford.

Pemain 28 tahun itu berpeluang besar melakukan debutnya saat melawan Queens Park Rangers pada Minggu di Old Trafford, telah berbicara tentang mengonversi peminjamannya dari Monaco sampai akhir musim menjadi kesepakatan permanen pada tahun depan.  
   
Dan Falcao, yang tidak bermain di panggung Liga Champions selama lima tahun, telah mengarahkan pandangannya untuk memimpin United kembali ke kompetisi paling elit di Eropa.

Berbicara saat diperkenalkan kepada media bersama mantan bek Ajax Daley Blind, ia berkata, "Pada tahun ini sejumlah pemain baru telah datang dan saya pikir Manchester United akan menjadi tim besar pada musim ini dan di musim-musim yang akan datang."
   
"Setiap pemain ingin bermain di Liga Champions. Pada tahun ini itu tidak mungkin untuk Manchester, namun kami percaya diri untuk mencapai kualifikasi untuk musim depan."
   
"Saya percaya pada proyek ini. Saya pikir Manchester United merupakan klub terbaik untuk saya perkuat, dan saya yakin pada periode ini bahwa masa depan akan menjadi hebat bagi kami."

Pewarta:

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014