Wakil Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Syahbudin menghadiri panen raya padi sawah di Desa Pangkal Niur Kecamatan Riau Silip, Senin.

"Panen padi raya bagi petani di Desa Pangkal Niur diharapkan mampu mendukung program ketahanan pangan dan membantu meningkatkan produksi beras lokal," kata wabup di Riau Silip.

Wabup mengatakan, wilayah Desa Pangak Niur memiliki potensi pertanian sawah yang cukup bagus dan mampu memberi harapan pada peningkatan kesejahteraan petani.

"Panen raya panen padi musim tanam 2019, mencapai luas 60 hektare dengan varietas padi yang ditanam petani, jenis mayang pasir, mayang, gelintir dan jenis padi balok," jelasnya.

Wabup minta petani di desa itu, untuk tetap memaksimalkan penggarapan sawahnya dengan harapan Desa Pangkal Niur dapat menjadi lumbung padi di Kabupaten Bangka.

"Pemerintah daerah terus mendukung kegiatan pembangunan sektor pertanian terutama petani padi ladang dan sawah, seperti penyaluran bantuan kepada gabungan kelompok tani," ujarnya.

Sementara Kabid Pertanian Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka, Cik Ona, mengatakan, target produksi panen padi petani tahun 2020 mencapai 9.000 ton lebih dari 2.948,41 hektare sawah dan ladang tersebar di sejumlah wilayah kecamatan.

"Kami menargetkan produksi padi sawah dan ladang tahun 2020 mencapai lebih 9.000 ton dengan kemampuan produksi per hektare mencapai 4,48 ton gabah kering," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020