Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memfokuskan mengelola upaya peningkatan kunjungan wisatawan domestik, guna mengantisipasi dampak virus corona yang mengakibatkan penurunan wisatawan asing ke daerah itu.

"Dampak virus corona yang merebak di beberapa negara khususnya China jelas mempengaruhi kunjungan wisatawan asing yang mengalami penurunan drastis," kata Wakil Gubernur Kepulauan Babel, Abdul Fatah di Pangkalpinang, Kamis.

Menurut dia saat ini penurunan kunjungan wisatawan asing di Bangka Belitung belum terlihat, karena kegiatan-kegiatan kepariwisataan nasional dan lokal belum bergulir atau dilaksanakan oleh pemerintah.

Sementara itu, dampak virus corona ini belum berdampak terhadap kunjungan wisatawan domestik ke Bangka Belitung yang masih normal.

"Kita belum bisa mengukur penurunan kunjungan wisatawan asing ini, karena kurangnya ivent pariwisata yang dilakukan pada awal tahun ini," ujarnya.

Ia mengatakan penurunan kunjungan wisatawan asing khususnya China, karena adanya proteks atau larangan dari pemerintah untuk berkunjung ke negara lainnya, guna mengantisipasi penyebaran virus berbahaya itu.

"Saat ini negara-negara lain sudah melakukan larangan, bahkan mereka menolak wisatawan dari negara yang sudah mewabah virus corona ini," katanya.

Oleh karena itu, pemerintah provinsi juga telah mengambil sikap untuk memproteksi kunjungan wisatawan asing ini, sebagai antisipasi dini penularan virus berbahaya ini.

"Saat ini kita fokuskan kegiatan promosi wisata domestik, agar virus corona ini tidak mempengaruhi tingkat kunjungan wisatawan ke negeri serumpun sebalai ini," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020