Ketua DPRD Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Iskandar mengajak seluruh organisasi kepemudaan (OKP) di wilayah itu mendukung program pembangunan daerah yang berkelanjutan.

Ajakan itu disampaikan di Sungailiat, Kamis, menanggapi pengukuhan dan pelantikan ketua dan pengurus DPD KNPI Kabupaten Bangka, periode 2020-2023.

Pemuda merupakan generasi penerus  bangsa, kader Sekaligus sebagai aset  masyarakat. Seseorang atau komunitas manusia yang biasa di identikan  dengan perubahan-perubahan. 

"Dalam kehidupan suatu bangsa pemuda memiliki peran penting dalam  kemajuan terhadap peradaban termasuk dalam mewujudkan pembangunan daerah," katanya.

Menurutnya, peranan generasi muda dalam pembangunan sangat penting artinya, bukan saja karena pemuda sebagai lapisan masyarakat paling besar tetapi yang paling penting adalah tanpa potensi dan kreativitas generasi muda, maka pembangunan akan dapat kehilangan arah. 

Pembangunan daerah merupakan usaha yang dilakukan oleh manusia, baik umum, pemerintah, swasta, maupun kelompok masyarakat lainnya untuk menghadapi keterkaitan dan ketergantungan aspek fisik, lingkungan dan sosial ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerah untuk berkelanjutan. 

Iskandar menjelaskan, pembangunan yang dilaksanakan lebih terarah dan memberikan hasil dan daya guna yang efektif, maka pembangunan yang dilaksanakan mengacu pada perencanaan yang terprogram secara bertahap dengan memperhatikan perubahan dan perkembangan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.

Peran pemuda dalam pembangunan dapat dilihat dari prinsip atau jiwa "economic enterpreneurship" yang harus dimiliki atau ditanam didalam diri masing-masing. 

"Saya minta agar persatuan dan kesatuan di kalangan pemuda dari berbagai organisasi tetap terjaga guna kepentingan dukungan pembangunan daerah," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020