Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh mendorong para petani untuk membudidayakan tanaman cabai merah, karena potensi lahan yang masih luas dan memiliki prosfek ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Saya mengimbau para petani, selain menanam komoditas lainnya juga kami anjurkan untuk bertanam cabai merah karena prospeknya sangat bagus dengan harga relatif masih mahal," ujarnya di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan, tanaman hortikultura jenis cabai merah hanya membutuhkan beberapa bulan saja untuk bisa dipanen dan menghasilkan uang.

"Sudah ada beberapa contoh petani yang membudidayakan tanaman cabai merah, baik perorangan maupun berkelompok yang sudah tergolong berhasil," ujarnya.

Ia mencontohkan, kolompok tani Citra Trubus sudah berhasil membudidayakan tanaman cabai merah di atas lahan seluas empat hektare.

"Kelompok tani tersebut sudah melakukan panen raya, mereka berhasil mendapatkan keuntungan dengan margin lebih besar dari modal yang dikeluarkan," ujarnya.

Ibnu Saleh mengatakan daerah tersebut masih memiliki lahan untuk bercocok tanam cukup luas yang bisa dimanfaatkan para petani.

"Lahan pertanian masih luas, sekarang tergantung dengan kemauan para petani untuk bertanam terutama tanaman hortikultura," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020