Permainan tradisional gasing asal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  sudah dikenal di tujuh negara Eropa dan Amerika Latin.

"Permainan tradisional gasing asal Babel sudah dikenalkan di tujuh negara, mereka sangat tertarik karena gasing Babel dinilai sangat unik," kata Ketua Umum Pergasi, Agus MD di Koba, Kamis

Ia menjelaskan, tujuh negara yang sudah sangat mengenal permainan gasing Babel adalah Perancis, Kolombia, Meksiko, Amerika Serikat, Yunani, Hongaria dan Italia.

"Saya sengaja diundang tujuh negara itu, baik dalam ajang olahraga gasing maupun dalam forum diskusi terkait gasing," ujarnya.


Agus MD memanfaatkan momentum itu untuk memasyarakatkan permainan gasing Babel di tujuh negara besar itu.

"Sekaligus saya mempromosikan Bangka Belitung melalui olahraga gasing. Bahkan dalam setiap penampilan saya selalu menggunakan pakaian adat khas Babel, dalam rangks mengenalkan budaya daerah," ujarnya.

Agus MD mengatakan, olahraga gasing sudah mendunia namun setiap daerah tentu berbeda aturan main dan bentuk gasing yang digunakan.

"Kalau di luar negari hanya mengenal satu bentuk permainan yaitu kontes gasing, sementara di Babel tidak hanya kontes tetapi juga ada lomba "pangkak" gasing (memukul gasing yang sedang berputar)," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020