Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan uang insentif untuk 505 orang guru TPA yang tersebar pada seluruh kecamatan.

"Insentif untuk para guru mengaji atau guru TPA sudah kami siapkan dari APBD yaitu sebesar Rp450 ribu/orang/bulan," kata Bupati Belitung Timur, Yuslih Ihza di Manggar, Sabtu.

Ia menjelaskan, insentif tersebut diberikan kepada guru TPA sebagai bentuk apresiasi karena sudah berjasa dalam mendidik dan menanamkan ilmu agama Islam kepada generasi muda.

"Pemberian insentif kepada guru TPA sebanyak Rp450.000 per bulan yang dicairkan sebanyak dua kali dalam satu tahun ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan guru mengaji," jelasnya.

Yuslih mengenukaka, pemerintah daerah saat ini terus berupaya untuk memberikan perhatian dan pembinaan bagi 104 TPA, 505 guru TPA, serta 5.751 santri yang tersebar di tujuh kecamatan.

"Pemkab juga terus berupaya memberikan perhatian dan pembinaan bagi 104 unit TPA, 505 guru TPA dan 5.751 santri yang tersebar di tujuh Kecamatan," ujarnya.

Ia mengatakan, para guru TPA sudah menunjukkan kontribusi yang sangat besar dalam membangun mental spritual dan menciptakan generasi Islam berakhlak mulia.

"
Melalui guru mengaji juga Islam terus syiar di daerah ini, terutama melalui rumah-rumah ibadah bagi umat Islam," tambahnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020