Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan meminta Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Babel, Naziarto yang baru dilantik untuk berinovasi dalam meningkatkan sumber daya manusia aparatur sipil negara, guna mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

"Kita harus meningkatkan SDM ASN ini, agar mereka bisa memunculkan ide-ide dan inovasinya agar provinsi ini tidak tertinggal dibandingkan daerah lainnya," kata Erzaldi Rosman Djohan usai melantik Sekda Provinsi Kepulauan Babel, Naziarto di Pangkalpinang, Senin sore.

Ia mengatakan sesuai arahan dan petunjuk Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo ada beberapa hal yang harus ditingkatkan khususnya masalah kemampuan SDM aparatur sipil negara dalam mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat, sekaligus menjawab tantangan yang cukup besar.

"Tantangan kita kedepan sangat besar menghadapi kelesuan ekonomi global," ujarnya.

Menurut dia, lesunya ekonomi ini tidak hanya terjadi di Bangka Belitung tetapi juga di provinsi lainnya bahkan dunia, sebagai dampak merebaknya virus corona di beberapa negara maju dan berkembang.

"Inovasi-inovasi harus dilakukan segera, kita tidak boleh mengalah dalam kondisi ekonomi ini, tetapi justru dengan keadaan sekarang kita harus bangkit dan berani menempatkan diri diposisi tidak aman," katanya.

Ia menambahkan aparatur sipil negara harus menempatkan diri diposisi tidak nyaman.Jangan selalu diposisi aman dan nyaman saja, karena sebetulnya diposisi aman itu tidak nyaman.

"Dibalik posisi aman dan nyaman itu selalu ada ancaman, bahwa ASN itu akan tereliminasi dari posisinya karena tidak adanya sumbangsih dalam membangun bangsa ini," katanya.

Sekda Provinsi Kepulauan Babel, Naziarto mengatakan tugas pertama sekali yang akan dilakukan yaitu bagaimana meningkatkan SDM ASN di lingkungan Pemprov Kepulauan Babel.

"ASN ini harus profesional, proporsional dan perfeksionis, agar tugas-tugas yang diemban pelayanan masyarakat ini berjalan dengan baik," katanya.

Menurut dia ASN ini profesional, maka apapun pekerjaan yang diserahkan dan sesuai dengan tupoksinya maka ASN tersebut akan bekerja dengan baik. ASN Poporsional maka dia tahu apa yang harus dikerjakannya sesuai tupoksinya dan hasilnya harus baik yang perfeksionis.

"Jika tiga hal ini dilakukan, maka semua ASN di lingkungan pemerintah provinsi yang dikuatirkan gubernur akan segera bangkit dan pelayanan kepada masyarakat akan lebih baik," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020