Bupati Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Ibnu Saleh meminta para petani menguasai teknologi pertanian agar bisa meningkatkan produksi pertanian mereka.

"Para petani harus terus belajar, tidak hanya teori tetapi juga ilmu itu dipraktekkan dan harus benar-benar menguasai teknologi pertanian untuk bisa berhasil," katanya usai menghadiri panen raya bawang merah di Kelurahan Simpang Perlang, Kamis.

Ia menjelaskan petani yang maju adalah mereka yang mampu mengubah cara pikir dan bertindak, serta selalu berkreasi dan berinovasi.

"Saya mengapresiasi para kelompok tani bawang merah di Kelurahan Simpang Perlang, karena tergolong berhasil bisa memproduksi bawang sebanyak tiga ton di areal kritis seluas seperempat hektare," ujarnya.

Ibnu Saleh mendorong para petani mengembangkan budi daya tanaman hortikultura yang menitik beratkan kepada efisiensi untuk menekan biaya operasional dan meningkatkan produksi.

"Pemkab Bangka Tengah terus mendorong pengembangan sektor pertanian, terutama tanaman hortikultura, karena lebih cepat menerima hasil dan biaya produksi lebih sedikit," ujarnya.

Ia juga meminta para petani membentuk kelompok agar bisa bersama-sama dalam membudidayakan beragam jenis tanaman hortikultura.

"Tidak hanya tanaman bawang merah, tetapi juga cabai merah dan sejumlah tanaman hortikultura lainnya untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan juga menekan inflasi," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020