PT PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung mengoperasikan saluran udara tegangan tinggi (SUTT) 70 kilovolt di jalur Dukong-Manggar untuk memperkuat sistem kelistrikan di Pulau Belitung.

Pengoperasian tersebut ditandai dengan melakukan energizing jaringan tersebut pada Minggu (23/2) pukul 22.00 WIB.

"Dengan ini, Kabupaten Belitung dan Belitung Timur menjadi satu kesatuan sistem kelistrikan yang dapat saling menyuplai daya listrik dengan tingkat keandalan lebih tinggi," kata General Manger PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung, Abdul Mukhlis di Pangkalpinang, Senin.

Sebelumnya, sistem kelistrikan Belitung hanya disuplai oleh jalur SUTT Suge-Dukong, dengan adanya jalur SUTT yang saat ini terpasang 70 kilo meter sirkuit (Kms), maka daya yang ada di Belitung dapat dievakuasi ke Belitung Timur sehingga tegangan menjadi lebih baik.

"Tercatat kapasitas trafo di gardu induk Manggar sebesar 30 MVA," ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk saat ini kemampuan daya sistem di Belitung sebesar 74,45 mega watt (MW) dengan beban puncak sebesar 43,98 MW, namun ke depan PLN masih akan melanjutkan pembangunan jaringan SUTT dari Dukong ke Tanjung Tinggi yang ditargetkan selesai pada 2021.

Abdul Mukhlis menyampaikan terima kasih kepada segenap elemen forkopimda atas dukungan yang diberikan sehingga proyek strategis tersebut selesai dikerjakan.

"Kami sampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak Gubernur, Kapolda, Kajati, Bupati, para tokoh masyarakat, dan teman-teman media atas dukungan yang diberikan kepada kami, sehingga PLN dapat menyelesaikan SUTT 70 kV jalur Dukong-Manggar ini," katanya.

Daya mampu yang cukup dan sistem kelistrikan yang semakin andal ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi di Belitung, serta membuka peluang bagi para investor untuk berinvestasi, baik dalam bidang industri, bisnis, maupun pariwisata.

Sementara itu, General Manager Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Selatan (UIP Sumbagsel), Dendi Kusumawardana mengatakan bahwa SUTT 70 kV ini sudah dinyatakan layak bertegangan.

"Bentangan jaringan SUTT 70 kV Dukong-Manggar ini disokong oleh 386 tower dan telah mendapatkan rekomendasi laik bertegangan (RLB) sejak 22 Februari lalu sehingga siap untuk dioperasikan," ujarnya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020