Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah (BKPSDMD) Babel, memberi kesempatan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) untuk dapat mengembangkan kompetensi diri dengan mengikuti pelatihan dari pemerintah thailand dan beasiswa S2 KOICA (Korea).

"Dia tahun ini, ada dua tawaran beasiswa dari luar negeri. Tawaran ini sangat bagus sekali dan semoga dapat di manfaatkan oleh para ASN untuk mengembangkan kompetensi," kata Kepala Bidang Pengembangan SDM BKPSDMD Babel, Mohamad Iqbalsyah di Pangkalpinang, Rabu.

Kepala Sub Bagian Kelembagaan dan Kerja Sama BKPSDMD Babel, Satriyo menambahkan, bahwa pengembangan kompetensi ASN dapat dilakukan di dalam dan luar negeri.

"ASN tidak hanya dapat mengikuti program pengembangan kompetensi di dalam negeri saja, tapi juga di luar negeri, seperti yang ditawarkan oleh Kemendagri kali ini. Dan tawaran ini terbilang langka dimanfaatkan, karena tidak setiap tahun," ujarnya 

Menurut Satriyo, bahasa dan semangat diri masih menjadi kendala utama dalam pemanfaatan tawaran beasiswa tersebut. Hingga saat ini yang masih menjadi kendala adalah bahasa. 

"Bahasa Inggris kita kebanyakan pasif. Selain itu, yang menjadi kendala juga, yakni semangat dari personalnya sendiri untuk mengembangkan kompetensi dirinya yang masih sangat kurang," ujarnya.

Informasi tawaran pelatihan dan beasiswa dapat dilihat di bkpsdmd.babelprov.go.id dan diteruskan ke grup percakapan Kepegawaian, agar informasi segera sampai.

Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat menyampaikan usulan pegawai yang akan mengikuti beasiswa pelatihan ke pusat fasilitasi kerjasama Kemendagri dengan memperhatikan relevansi substansi yang ditawarkan dengan tugas dan fungsi satuan kerja.

Informasi selengkapnya dapat menghubungi Pusat Fasilitasi Kerja Sama Kemendagri melalui surat elektronik ke fasker.kemendagri@gmail.com, telepon/fax 021 - 3810343. Kelengkapan berkas dapat diakses pada situs ktln.setneg.go.id/info_beasiswa_thai_2020.html dan www.koica.go.kr/ciat/7815/subview.do atau bit/ly/timelinebeasiswa2020.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020