Pangkalpinang (Antara Babel) - Permintaan pembuatan sumur bor di Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung meningkat tajam pada musim kemarau karena banyak warga yang kekurangan air.

"Permintaan masyarakat untuk membuat sumur bor pada musim kemarau ini meningkat tajam guna memenuhi kebutuhan air bersih mereka," ujar salah satu pemilik usaha jasa sumur bor, Legiman di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengaku saat ini masyarakat sampai antre untuk mendapatkan pelayanan atas jasa yang ia tawarkan.

"Pada musim kemarau seperti sekarang order pengeboran mencapai tiga sampai empat tempat per bulan, sedangkan untuk cuaca normal hanya satu tempat bahkan tidak ada sama sekali," ujarnya.

Ia menjelasakan, tiap satu tempat pengeboran bisa diselesaikan dalam tiga hingga 10 hari tergantung dari medan atau media dalam tanah.

Ia menyebutkan, untuk jasa pengeboran dipatok harga Rp5 juta dan dalam satu bulan omzet bisa mencapai 20-25 juta.

Sementara itu, salah satu warga yang menggunakan jasa pembuat sumur bor, Warsih mengatakan saat ini daerah tempat ia tinggal mengalami kekeringan.

"Kita sangat terbantu dengan adanya tukang bor sebab disini sudah kekeringan air sehingga melalui pengeboran membuat pasokan air bersih kembali normal," ujarnya.

Pewarta: Oleh Septi Artiana

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014