Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Abdul Fatah menginginkan lahan Geopark Belitong untuk dibahas bersama, guna membahas semua permasalahan yang ada.

"Tujuan rapat ini adalah untuk melakukan identifikasi permasalahan lahan dalam pembangunan Geopark Belitong yang berada di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur," kata Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah saat memimpin secara langsung rapat pembahasan Geopark Pulau Belitong, di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan, permasalahan lahan dalam Geopark Belitong dapat dibahas bersama-sama oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel, DLH Babel dan ESDM Babel serta Dinas Kehutanan Provinsi Babel.

“Kita ingin mengurai persoalan-persoalan yang kita hadapi, sebab ada beberapa daftar masalah yang kita urai di dalam rapat ini,” ujarnya.

Usai mendengarkan paparan yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel, Wagub berharap usai rapat,  dapat menyusun rencana tindaklajutnya apa, yang harus dilakukan oleh masing-masing OPD terkait.

“Penyelesaiannya bisa dilakukan dengan siapa saja, Dinas Kehutanan atau DLH, sebab kewenangan itu ada di kita. Oleh sebab itu, kita urai secara rinci dan jika berhadapan dengan berbagai pihak kita sudah paham sehingga jika ingin menyelesaikan, kita sudah tahu rencana aksinya,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Disbudpar Babel, Rivai menjelaskan, dalam rapat ini Disbudpar sudah melakukan identifikasi permasalahan lahan dalam Geopark Belitung, dan  dipaparkan di dalam rapat ini, sehingga nantinya ada solusi bersama dalam menangani permasalahan ini.

“Mudah-mudahan dari teman-teman dari ESDM dan Kehutanan serta DLH bisa memberikan solusi mengacu kepada perundang-undangan yang berlaku, jangan sampai kita memberikan solusi tapi masih dihantam dengan peraturan-peraturan yang lebih tinggi,” ujarnya. 

Rapat Pembahasan Geopark Pulau Belitong rencananya akan dilaksanakan kembali, dengan mengundang OPD yang menangani jalan, dan masing-masing OPD yang diundang membawa dokumen serta bisa memaparkan lebih rinci pembahasan Geopark Belitong.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020