Para nelayan di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, saat ini sedang memanen hasil tangkapan berupa ikan tongkol dan tenggiri sehingga mendongkrak jumlah tangkapan nelayan di daerah itu.

"Kalau sekarang ini sedang musimnya ikan tongkol dan tenggiri karena fase bulan gelap sehingga ikan tongkol dan tenggiri cukup banyak," kata salah seorang nelayan jaring, Nedi di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tanjung Pandan, Kamis.

Menurut dia, dalam sekali melaut selama empat hingga lima hari jumlah tangkapan ikan tongkol dan tenggiri dapat mencapai 400 kilogram.

Ia menambahkan, wilayah sebaran daerah tangkapan ikan tongkol maupun tenggiri berada di sekitar perairan utara Pulau Belitung.

"Misalnya kemarin ketika kami turun melaut jumlah tangkapan ikan tenggiri rata-rata sebanyak 300 kilogram dan tongkol mencapain100 kilogram," ujarnya.

Ia mengatakan, untuk harga ikan tenggiri dan tongkol di daerah itu cukup bervariasi sekitar Rp40 ribu sampai Rp50 ribu per kilogram.

Sementara itu, Kasi Kesyahbandaran PPN Tanjung Pandan, Darmono mengatakan saat ini jenis ikan yang dominan didaratkan oleh nelayan di tempat pendaratan ikan setempat adalah tenggiri dan tongkol.

"Kalau para nelayan jaring kondisi sekarang ini tangkapan memang dominan tongkol dan tenggiri," katanya.

Kemudian saat ink cuaca dan gelombang dalam kondisi baik sehingga nelayan dapat aman turun melaut.

"Kalau cuaca angin teduh dan ketinggian gelombang 1 meter sampai 1,5 meter," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020