Tim kesehatan Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengajak masyarakat di daerah itu untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk mencegah terjadinya virus covid-19 dan virus penyakit lainnya.

Salah satu tim anggota tim kesehatan, dr. Deni di Sungailiat, Sabtu mengatakan, PHBS merupakan langkah penting yang harus dilakukan masyarakat untuk mencegah segala bentuk penyakit termasuk mencegah virus covid-19.

"Kami dari tim kesehatan melalui masing-masing pusat kesehatan masyarakat, terus melakukan sosialisasi dan sekaligus memberikan edukasi cara PHBS yang benar," katanya.

Dalam kasus virus covid 19, kata dia, mendorong semua komponen untuk melakukan pencegahan secara terpadu sesuai dengan petunjuk dan ketentuan standar kesehatan.

"Saya melihat, secara umum PHBS bagi masyarakat di Kabupaten Bangka masih perlu ditingkatkan sebagai upaya pencegahan semua jenis penyakit," jelasnya.

Dia menilai, nol kasus virus -19 di Kabupaten Bangka harus tetap dipertahankan meskipun dijadwalkan ada agenda kearifan lokal tradisi ritual yang akan dikunjungi masyarakat dari luar pulau Bangka.

"Pada saat masuknya pengunjung dari luar Bangka, biasanya akan ditempatkan petugas kesehatan di sejumlah pintu masuk untuk melakukan pemeriksaan termosecener ," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020