Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sudah menyiapkan langkah-langkah antisipasi penyebaran virus COVID-19.

"Langkah antisipasi sudah kami lakukan sejak awal, termasuk memantau kondisi kesehatan warga yang baru saja pulang dari perjalanan luar," kata Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah, dr Bahrun R Siregar di Koba, Selasa.

Baca juga: Pemkab Bangka Tengah bentuk gugus tugas penanganan COVID-19

Ia menjelaskan, sebelumnya sempat dilaporkan satu warga baru saja pulang dari daerah terpapar virus COVID-19.

"Warga tersebut langsung kami pantau dan diperiksa kesehatannya serta melarang keluar rumah selama 14 hari, sebagai langkah antisipasi paparan virus tersebut," ujarnya.

Baca juga: Satu Warga Bangka Tengah Dalam Pantauan Medis antisipasi corona

Bahrun mengatakan, satu warga yang dalam pengawasan tim medis itu sampai saat ini dalam kondisi baik-baik saja atau sama sekali tidak suspect COVID-19.

"Pemeriksaan terakhir terhadap kondisi warga yang kami rahasiakan identitasnya itu dalam kondisi baik, tidak ada gejala-gejala virus COVID-19," ujarnya.

Baca juga: Pelajar di Bangka Tengah diliburkan antisipasi COVID-19

Pihaknya juga akan melakukan pembersihan fasilitas umum secara serentak untuk memutus mata rantai perkembangbiakan virus tersebut.

"Kami juga menambah kekuatan tim medis di sejumlah Puskesmas dan RSUD, bagi warga yang sakit kami anjurkan menggunakan masker," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020