Sungailiat (Antara Babel) - Menjelang Hari Raya Idul Adha 2014, permintaan hewan kurban di wilayah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya sebesar 10 persen.

"Prediksi kenaikan 10 persen ini didapatkan setelah kita lakukan rapat koordinasi dengan Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan," kata Wakil Bupati Bangka, Rustamsyah di Sungailiat, Rabu.

Ia mengatakan, untuk jumlah kebutuhan sapi tahun ini mengalami kenaikan dibanding tahun sebelumnya mencapai 10 persen yakni sekitar 540 ekor pada 2013 menjadi 595 ekor tahun ini.

"Sedangkan untuk hewan kurban lainnya yakni kambing tetap stabil yakni 978 ekor belum ada peningkatan kebutuhan yang signifikan," katanya.

Rustamsyah mengatakan, peningkatan permintaan hewan kurban ini didasarkan pada kondisi ekonomi dan kesadaran masyarakat dalam menjalankan ibadah kurban.

"Ini disebabkan adanya peningkatan taraf hidup serta semakin tingginya kesadaran dan keimanan masyarakat Kabupaten Bangka untuk berqurban,
    
Ia mengatakan, meskipun kebutuhan akan hewan kurban meningkat ketersediaan ternak qurban tahun 2014 di Kabupaten Bangka dipastikan cukup.

"Adapun sumber ternak qurban, berasal dari luar pulau Bangka yakni dari Lampung dan palembang. Untuk itu, stok qurban sendiri dipastikan cukup untuk masyarakat Kabupaten Bangka." katanya.

Ia mengatakan, semua hewan kurban yang didatangkan dari luar daerah tersebut dinyatakan sehat dan layak untuk disembelih pada perayaan hari raya Idul Adha.

"Hewan kurban yang kita datangkan tersebut sudah dinyatakan layak dan sehat untuk disembelih pada hari raya Idul Adha karen sudah diperiksa kesehatannya," katanya.

Pewarta: Oleh Kasmono

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014