Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung akan melakukan terobosan baru dengan menciptakan kegiatan penyampaian informasi pembangunan melalui pentas seni agar lebih mudah dipahami masyarakat.

"Berdasarkan pengamatan kami selama ini, ada beberapa hal yang tidak nyambung antara pemerintah dengan warganya, kemungkinan hal itu terjadi karena adanya kekurangan dalam penyampaian informasi," ujar Kepala Bidang Informatika Dishubparbudinfo Kabupaten Bangka Barat Henry Een Firsanto di Muntok, Rabu.

Penyebaran informasi melalui pentas seni, menurut dia akan lebih mudah dipahami masyarakat karena penyampaiannya lebih santai dan jauh dari formalitas protokoler.

"Kami berharap program ini bisa berjalan mulai tahun depan, kami akan coba realisasikan dengan penganggaran daerah, namun ke depannya kami harapkan juga bisa menggandeng pihak perusahaan sehingga terjalin kerja sama yang bagus antara pemerintah, perusahaan, masyarakat dan para pekerja seni," ujarnya.

Menurut dia, seni teater, drama, sandiwara, dul muluk, pantun dan jenis seni pertunjukan lain bisa digunakan sebagai media penyebaran informasi.

Selama ini, kata dia, pemerintah selalu menggunakan pola konvensional dalam melakukan sosialisasi yaitu dengan menggelar pertemuan dengan warga dengan narasumber pejabat.

"Pola seperti itu kaku dan kadang masyarakat juga tidak nangkap apa yang dikatakan narasumber, kami harapkan melalui media seni pertunjukan bisa lebih nyambung," kata dia.

Selain dalam upaya penyebaran informasi pembangunan, kata dia, melalui kegiatan itu diharapkan juga bisa memberi ruang ekspresi bagi para pekerja dan pegiat seni di daerah.

"Selama ini mereka kurang mendapatkan ruang berekspresi karena minimnya kegiatan kesenian di daerah, kami harapkan melalui kegiatan rutin ini bisa memotivasi para pekerja dan pegiat seni berkreasi di bidang masing-masing," kata dia.

Ia menambahkan kegiatan itu rencananya akan digelar minimal sebulan sekali dengan melibatkan pihak sekolah, organisasi kemasyarakatan dan pemuda di daerah itu.

"Kami berharap ke depan kegiatan seni semakin marak sekaligus pembangunan daerah berkembang seiring terjalinnya sinergitas antara pemerintah dengan warganya dalam mewujudkan masyarakat Bangka Barat yang mandiri dan sejahtera," kata dia

Pewarta: Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014